The Annual Purge : Questioning Humanity

The Purge Anarchy (2014) miniBRRip 720p YIFY.mp4_000078984

The Purge : Anarchy (2014)

Director: James DeMonaco

Writer: James DeMonaco

Cast : Frank Grillo, Carmen Ejogo, Zoe Soul, Zach Gilford, Kiele Sanchez

Amerika di tahun 2023 mengalami penurunan tingkat kriminalitas hingga hanya mencapai 5% setiap tahunnya. Hal ini dapat diraih berkat adanya kebijakan the purge ( pembersihan ) yang mana segala bentuk kejahatan dilegalkan oleh pemerintah selama 12 jam sekali setiap tahun. Polisi, bantuan medis, dan lainnya tidak akan berfungsi selama the purge terjadi. Eva (Carmen Ejogo) dan putrinya Cali (Zoe Soul) bernasib sial karena tempat tinggal mereka menjadi sasaran kelompok bersenjata. Di lain sisi, Shane (Zach Gilford) dan Liz (Kiele Sanchez) harus bertahan di jalanan selama waktu purge karena mobil mereka mogok di jalan. Seorang polisi, Leo (Frank Grillo) ikut menggunakan hak nya dalam the purge tahun ini untuk membalas dendam pada pembunuh anaknya setahun yang lalu. Secara tidak sengaja Leo bertemu dengan Eva, Cali, Shane, dan Liz dan berusaha untuk menyelamatkan mereka dari amukan massa.

TENSE AND VIOLENCE

The Purge Anarchy (2014) miniBRRip 720p YIFY.mp4_004406713

The Purge: Anarchy (2014), garapan James DeMonaco merupakan sekuel kedua dari film The Purge (2013), lebih menghadirkan scene kekerasan yang lebih tense dan  sadis. Penggambaran situasi di jalanan sewaktu masa the purge sangat baik dan menegangkan. Secara singkat, dalam sekuel pertama, menceritakan tentang keluarga terpandang pemilik hak veto sistem keamanan rumah tercanggih berhadapan dengan amukan kaum proletar yang membencinya. Sekuel kedua ini memiliki banyak sudut pandang yang menarik, dan lebih terfokus pada kaum proletar itu sendiri.

Eva, seorang pelayan rumah makan dan putrinya, Cali tidak bisa menikmati malam the purge yang aman seperti tahun-tahun sebelumnya. Kedatangan tamu yang tidak diundang dan nyaris menghabisi nyawa mereka, untunglah disaat-saat terakhir mereka diselamatkan oleh Leo, seorang yang berencana untuk membalas dendam  pembunuh anaknya. Disusul dengan Shane dan Liz, sepasang kekasih yang bernasib sial karena mobil mereka mogok di tengah kota tepat sebelum ritual the purge dimulai.

It’s good to have such a brave yet stubborn young girl, Cali. Cali ini gadis yang sangat kritis, ia melihat bahwa ada hal yang salah dalam acara tahunan the purge, yang hanya kedok untuk mendapatkan keuntungan materil dan menjaga popularitas para stakeholder dan kaum borjuis.  Ia pun  menonton video propaganda  untuk memberontak pemerintahan dan kebijakan the purge. Karakter Cali yang talkative, berani mengatakan apa yang ada di pikirannya dalam situasi apapun, terkadang membuat ibunya dan Leo kesal. Haha it’s good to be like her, in any circumstances she can stand for what she want to say, and do. For example, when gangster man pointed a gun on her head, she asked him how he found her and her group, innocently. Her mother, Eva, was like “shut the fuck up!” LOL that was funny.

GOVERNMENT VS REBELLION

Sekelompok pemberontak yang diketuai oleh Carmelo mulai pergerakan mereka dengan memanggil warga sipil khususnya kaum proletar untuk memberontak melawan pemerintah, khususnya kebijakan the purge. Kebijakan tahunan ini dianggap merugikan kaum mereka dengan banyaknya korban tiap tahunnya, dan sarat akan kepentingan politik , ke banggaan para birokrat dan perputaran uang di kalangan borjuis. Dibuktikan dengan keikutsertaan tentara dalam melakukan tindakan kriminal dengan bantuan senjata canggih dan akses pemantauan kamera lalu lintas, sehingga mereka dapat dengan mudah menemukan target mereka.  “Do not save lives” menjadi aturan tidak tertulis dalam ritual the purge, sehingga tentaralah yang akan menghakimi mereka. Sedangkan salah satu tujuan dari kelompok Carmelo ini jelas, mereka akan berusaha menyelamatkan warga sipil yang berada di jalanan sewaktu the purge. These two wouldn’t be match, so let them in fight.

HOBI “BARU” KAUM BORJUIS

The Purge Anarchy (2014) miniBRRip 720p YIFY.mp4_004413959

Salah satu hal yang sangat menarik dari film ini adalah, hobi baru yang dilakukan oleh kaum borjuis selama malam the purge. Bukannya berdiam di rumah megah mereka dengan sistem keamanan yang tidak dapat dibobol siapapun, mereka malah melakukan pelelangan orang yang akan mereka bunuh. Pelelangan diadakan di tempat yang sangat mewah, dengan para undangan yang mengenakan pakaian formal yang rapi dan mewah. Beberapa warga sipil yang malang, berlutut di atas panggung sambari para Nyonya Besar dan Tuan Besar melakukan transaksi harga. Setelah deal, mereka  disatukan kedalam sebuah ruangan dan saling berbunuh. Kaum borjuis dipersenjatai oleh senjata canggih sedangkan target mereka bertangan kosong. Sambari melakukan pemburuan, pada undangan yang lain menonton dari balik kaca anti peluru.

Sakit memang, menonton pertunjukan pembunuhan sambari menegak segelas wine berkelas. Berbincang dan bercanda gurau seakan dihadapan mereka sedang berlangsung pertunjukan opera sabun. Beginilah, saat sisi kemanusiaan manusia kalah telak dari gemerlapnya pundi-pundi dolar. Rasa empati yang mati dan moral yang sudah jatuh ke ujung palung. Hal-hal seperti ini mungkin saja terjadi di beberapa negara, tidak terkecuali Indonesia. Orang-orang kaya yang rela membayar mahal untuk menyaksikan kesengsaraan orang lain, terutama orang-orang kecil. Memang, pada dasarnya, manusia akan lebih mudah melakukan kejahatan dibanding kebajikan, but still, saat kita semua masih bisa memegang teguh sisi kemanusiaan kita, hal-hal seperti ini tidak mungkin terjadi, it would be very peaceful, people respect and help each other. Sounds too naïve tapi tidak ada salahnya untuk tetap percaya pada hal-hal yang naïf. HAHAHA

RASISME ?!

I don’t know what actually happen about racist issue America, dan aku pikir hal itu sudah bukan lagi isu yang banyak diangkat orang karena sepemahamanku orang-orang Amerika sudah tidak begitu memperdulikan asal maupun ras mereka, mau mereka keturunan  Afro atau orang  Asia, they would called themselves as American. Well, this is what I’ve known from any social advertisement from youtube and others. But, I can feel that this quite racist, why? Because all of the rich people are comes from White race, and the poor one are all Black race. Seakan-akan hal dimana orang ras kulit putih masih menguasai sebagian besar hal-hal penting di Amerika membuat mereka sangat berkuasa dan hidup makmur, sedangkan ras kulit hitam selalu menjadi kelompok yang dirugikan, dan kemudian menjadi pemberontak.

Gangster utama dalam film ini adalah keturunan Afro, ia ikut serta dalam the purge dengan alasan ekonomi, he needs money, so he took civilians and sold them to rich people. Kelompok pemberontak  the founding fathers of AS (I meant the purge policy), Carmelo, are all Afro. Konsep bahwa orang-orang pemerintah selalu di isi oleh sebagian besar ras kulit putih (Eropa) dan warga sipil menengah ke bawah sebagian besar digambarkan keturunan  Afro (ras kulit hitam), masih saja muncul di film-film thriller crime yang pernah aku tonton. Pertanyaanku, kenapa tidak di campur saja sih?? Meskipun pada kenyataannya tidak demikian, melalui film ini akan terbentuk yang namanya sterotype yang akhirnya konsep white and black people yang aku sebut diatas akan terus ada sampai kapanpun. Or maybe, America isn’t racist anymore is just lip service to provide its pride and leaving good image for itself. Who knows.

Perlu diakui bahwa itulah sejarah, sejarah kelam perbudakan keturunan Afro di Amerika dan juga perbedaan hak dan kewajiban antar ras yang terjadi di Afrika. Serta perang-perang besar yang membuat ras arya sangat kuat dan berjaya, memperjelas konsep diatas tersebut. But why can’t we just move on to the next chapter of history? Like, for saying in 21st century there’s no border between any races.

ASSASSINATION ISN’T SOLUTION

Killing doesn’t help anything, doesn’t make you feel better..-Cali to Leo

Apa sih tujuan dari adanya acara tahunan the purge? Secara tersurat, the founding fathers the purge, mengatakan lewat siaran TV nasional, rezim mereka dihadapkan dengan permasalahan kejahatan pendemic yang mengganggu stabilitas keamanan negara. Sehingga, the purge lahir sebagai solusi atas luapan emosi pada tindak kriminal dengan memperbolehkan mereka melakukan segala bentuk kejahatan di waktu yang sudah ditentukan. Kriminalitas yang di atur, akan lebih baik daripada kriminalitas yang tanpa aturan. Terbukti dengan menurunnya tingkat kriminalitas, meskipun permasalahan kemiskinan masih tingi. Selain itu, definisi dari “purge” sendiri adalah pembersihan, diartikan sebagai ritual pembersihan diri dari segalam amarah, dendam, dan lainnya melalui jalur kekerasan.

The Purge Anarchy (2014) miniBRRip 720p YIFY.mp4_000322921

Namun permasalahan akan terus muncul seiring dengan solusi yang terus lahir. The Annual Purge akhirnya menimbulkan permasalahan baru karena adanya sindikat orang dalam yang mencari keuntungan pribadi dan menyalahgunakan hak dalam the Purge. Secara pribadi, aku setuju dengan statement Cali, bahwa melampiaskan dendam dengan membunuh bukanlah solusi untuk menghilangkan dendam tersebut maupun memuaskan diri. Apakah dengan membunuh, semua akan kembali menjadi sedia kala? Tidak kan. Sama halnya seperti konsep “menyesal”, menyesali semua keadaan tidak akan membuat keadaan menjadi lebih baik. So, solusi yang paling tepat –menurutku juga terlalu abstrak untuk digambarkan sebenarnya, tapi it works!!- ikhlas. Saat kita ikhlas melepaskan/merelakan/dan lainnya hal yang kita sesali, kita bisa terus melangkah kedepan karena detik tidak pernah bergerak mundur, dan yang akan dihadapi di masa depan jauh lebih penting ketimbang memendam dendam masa lalu. Well, ngomong memang mudah, tapi tidak pernah ada salahnya juga untuk di coba. HEHE

At last but not least…

Overall, I was so satisfied with the action scene and the violence, like if the purge does exist what would we actually do? This is the same question that I asked in the previous post “Why can’t we do a crime?” Since I truly love this kind of genre, I give it 4,5/5 stars. It’s been a long time since I started to watch and do review on blog, hope I could keep doing it every month or every time when I find something good to share.

See you at the next post🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s