Dangerous Woman

Judul       : Sexpionage : Intelijen Wanita Perang Dunia IIcover buku11

Penulis    : Dr. Wang Xiang Jun,. PhD

Penerbit  : Pustaka Solomon

Tahun     : 2010

Statement bahwa wanita adalah mahkluk yang lemah nampaknya tidak berlaku untuk semua wanita, terutama untuk mereka yang hidup di zaman perang dunia ke-2. Situasi dan kondisi perang yang serba gawat dan mendesak, memaksa wanita melakukan pekerjaan pria. Tidak sedikit dari mereka yang menerima tugas ganda, sebagai penghibur para tentara sekaligus seorang mata-mata. Buku Intelejen Wanita Perang Dunia II karya Wang Xiang Jun ini mengupas habis sejarah, fakta, juga profil para intelejen wanita ini selama perang dunia kedua.

Tersebut nama Virginia Hall, wanita pincang yang paling berbahaya, Josephine Baker, selebritis dengan julukan “Bronze Venus”, Hedy Lamarr, seorang aktris sekaligus penemu, Ruth Wilson, Agnes Meyer, dan mata-mata lainnya. Mereka tidak hanya memiliki kecantikan wajah, namun mereka sangat ahli di bidang bahasa, matematika, dan kriptologi.

Secara umum, Wang Xiang Jun menceritakan kontribusi wanita sebagai WAVES Angkatan Laut, Tentara Darat Wanita (WLA), dan sebagai intelijen dari Kantor Dinas dan Strategi (OSS). Kebanyakan dari mereka berjasa dalam memecahkan sandi Jepang, mengorek informasi politik, bahkan melakukan pembunuhan rahasia. Informasi baru dan fakta-fakta yang dipaparkan dengan jelas dan sistematis. Namun sayang, profil para intelijen ini terkesan acak, lalu dalam penempatan gambar dan tulisan masih harus diedit ulang agar pembaca dapat lebih nyaman dalam membacanya. Buku ini dapat menambah wawasan kita tentang adanya kontribusi besar wanita dalam perang dunia kedua sebagai serorang mata-mata handal. Mereka menjadi bukti sejarah bahwa wanita bisa menjadi mahkluk yang berbahaya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s