Killing for Justice ?

six suspects

Judul                    :  Six Suspects

Penulis                 :  Vikas Swarup

Penerbit              : Bentang Pustaka

Tahun Terbit     : Mei 2010 (cetakan I)

Tebat Buku        : 659

6 Tersangka, 1 pembunuh.

Kejahatan tidak mengenal kasta, itulah yang terjadi pada pembunuhan Vicky Ray, seorang playboy yang juga anak dari Pedana Mentri Dalam Negeri. Vicky tewas seketika setelah terkena sebuah tembakan di saat pesta perayaan kebebasananya dalam kasus pembunuhan Ruby Gill. Setelah semua tamu undangan diperiksa, terdapat 6 tamu undangan yang membawa senjata. Mereka adalah seorang birokrat korup, turis asal Amerika, pemuda dari suku pedalaman, aktris Bollywood, seorang pencuri ponsel, dan seorang politikus ambisuis.

Disini, Arun Advani, seorang jurnalis investigasi bersaha mengungkapkan fakta dibalik kasus pembunuhan yang banyak menyita perhatian publik ini. Meskipun Vicky bukanlah seorang yang berbudi luhur, melainkan sebaliknya. Kematiannya pun menimbulkan pro dan kontra. Banyak yang beranggapan, Adil hukumnya bagi Vicky untuk mati karena hukum negara tidak dapat mengadilinya.Namun, yang menjadi pertanyaan adalah, siapa pembunuh Vicky diantara keenam tersangka tersebut?

Novel karya Vikas Swarup yang juga penulis Slumdog Millionaire, menampilkan alur cerita maju mundur yang membuat cerita semakin membingungkan, namun semakin seru untuk disimak. Terutama, cara Vikas menceritakan bagaimana kehidupan masyarakat miskin di India, lingkungan yang kumuh, ketidakadilan yang diterima, well, tidak jauh beda sebenarnya dengan apa yang terjadu di Indonesia. Diceritakan pula bagaimana permainan kotor para politisi yang terobsesi dengan kekuasaan hingga menghalalkan segala cara, bahkan dengan membunuh orang yang dianggap musuhnya. Berhubung Vikas adalah seoran diplomat India, jadi apa yang ia ceritakan mengenai politik dan sebagainya, pasti juga terjadi di dunia nyata. Sudah jadi rahasia umum bukan, jika politik itu kotor, dimata masyarakat.

Vikas menceritakan ke enam orang tersangka dengan latar belakang yang berbeda-beda dengan sangat apik dan juga berkaitan satu sama lain. Vikas juga mengakui kalau saat proses penulisan, ia mengalami banyak kendala karena tokoh yang sangat berbeda satu sama lain. Saat membaca cerita ini, kalian pastinya akan dibuat terkejut dengan twist-twist yang ada disetiap bab (hm, nggak setiap bab juga sih, intinya banyak twistnya). Dan diakhiri dengan ending yang…mungkin beberapa dari kalian bisa menebaknya, tapi buatku no clue sama sekali. Vikas juga membuat kita berspekulasi sendiri, siapakah pembunuh Vicky yang sebenarnya.

Super Recommended untuk kalian yang suka cerita misteri,detektif, and of course crime~ :3

Terkadang, hukum sama sekali tidak cukup untuk mengadili seseorang yang jelas-jelas bersalah. Dewasa ini, hukum dapat diperjual belikan dengan uang. Semakin banyak uang yang kau punya, semakin ringan hukuman yang akan kau terima. Miris memang, tapi inilah realita yang terjadi. Dimana, uang telah menjadi sumber kekuatan kekuasaan. Karenanya, harus ada seseorang yang berani mengambil tindakan ekstrem demi keadilan bersama. Demi menegakkan kembali keadilan di negara ini. Membunuh adalah sebuah perilaku kriminal, mencabut nyawa seseorang termasuk mencabut hak asasinya sebagai manusia. Namun, ada beberapa orang yang memang harus dibunuh untuk tercapainya kebaikan bersama. Orang-orang tersebut, kalian bisa sebut siapa saja.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s