INCENDIES (2010)

incendiesDirector : Denis Villeneuve

Writters: Valerie Beaugrand-Champagne, Wajdi Mouawad

Cast : Lubna Azabal, Mellisa Desormeaux-Poulin, Maxim Gaudette.

Aku baru sadar, terakhir aku nonton film, ya film The Call. Padahal, ada banyak film film baru di bioskop dan di kompi. Tapi, apa daya, rasanya males, bahkan untuk nonton “monster university” -_- Sedangkan, temen-temenku sudah koar-koar betapa lucu dan bagusnya film itu dan film lainnya. Aku juga belum selesai nonton Hannibal , tinggal 2 episode lagi tamat. Mungkin, ini lah yang disebut jenuh dengan hobi sendiri. Seperti monyet yang tenggelam di lautan buah pisang. *apa lagi ini. Ternyata, sesuka apapun kita terhadap suatu kegiatan, kalau dilakukan berulang ulang dalam waktu yang lama, pasti akan bosen juga. Hm.. nasehat “harus membagi waktu” ada benarnya juga.

Setelah lama nggak nonton film apapun, temenku datang membawa list film-film dengan ending twist. Dan, list itu membangkitkan semangatku buat nonton film lagi. Haha. Film dengan twist seperti The Sixth Sense, The Others, Shutter Island, Number 23, Burried, dkk, sangat memberi kesan memang. Kita diajak ikut mikir selama film berlangsung, menebak-nebak apa yang akan terjadi, dan shock ketika tahu endingnya. Kadang bikin sebel. Hehe

Ok, so, Aku dan temenku itu memutuskan untuk nonton film “Incendies”. Film asal Perancis yang cukup terkenal. Film ini juga memenangkan beberapa penghargaan. Kata orang-orang yang sudah nonton film ini, twist nya sama sekali nggak terduga dan butuh mikiiir banget untuk memahami ceritanya. Bahkan, ada yang paham setelah nonton dua kali. Kedengarannya, ini film berat niih.. -_- *mulai pesimis. Soalnya, otak kami masih dalam mode liburan panjang dan sudah setumpul batu. Tapi, okelah, kita tetap tonton Incendies.

Si kembar Jeanne dan Simon mendapat amanat dari ibu mereka yang sudah meninggal untuk memberikan sebuah surat untuk ayah kandung mereka-yang tidak diketahui keberadaannya dan kakak tertua mereka. Saat itu Jeanne dan Simon juga baru mengetahui bahwa mereka punya kakak. Karena tidak memiliki banyak petunjuk untuk menemukan ayah dan kakak mereka , mereka pun pergi menelusuri kehidupan masa lalu ibunya ke Timur Tengah. Dan disanalah, satu demi satu rahasia besar terungkap.

Selama 139 menit, kami benar-benar dibuat pusing dengan alur yang acak banget nggak karuan. Mikir, mikir ini alur yang mana? Menceritakan apa? Siapa? Yaaah, gini lah, otak tumpul nonton film bingungin. >.< Tapi, setelah berdiskusi dan menebak-nebak, akhirnya kami paham juga jalan ceritanya. Dan twist banget, bukan hanya di ending, tapi di pertengahan cerita juga. Hebat! Bahkan saat credits title, kami belum bergerak dan masih dalam mode syok dan tidak percaya.
Aku nggak tahu lagi harus komentar apa. Sukses bikin mikir dan masih kepikiran sampai sekarang. Jalan ceritnya juga seru, dan tidak mudah di tebak. Aduh, aku bingung beneran, gimana mengekspresikan perasaanku setelah nonton film ini. Yang jelas, “Aku pengen nonton film ini lagi!! :D” *ketagihan

Aku bahkan nggak bisa mikir ini amanat nya apa. Sebenarnya ada, tapi kalau aku sebut, spoiler..hehe. Jadi, hm.. Mari kita hargai dan syukuri hidup kita yang sekarang. Punya keluarga dengan latar belakang baik, tanpa masalah, dan hidup damai. Siip!

Super Recommended.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s