Masa SMP Jo Wilisgiri

22042013604

“Ternyata susah banget jadi remaja, sampai-sampai kadang-kadang aku (jo Wilisgiri, 12 tahun) berharap aku nggak perlu tumbuh. aku kangen bangaet pada masa SD-ku. Apalagi aku mulai kehilangan sahabat baikku dan dikhianati cowok yang aku kagumi. Satu kata untuk masa SMP-ku: MENGERIKAN!”

Well, sebenarnya masa SMP nggak semengerikan yang Jo pikirkan, selama kita menikmatinya. Novel ini sebenarnya keluaran lama, tahun 2007 (Jurnal Jo) dan tahun 2010 (Jurnal Jo: ONLINE)*dan aku posting tahun 2013 -_-. Dan sekarang aku baca ulang lagi kedua novel ini. Bahkan sebenernya sudah aku ulang baca dari berbulan-bulan yang lalu. Hehe. Bisa dibilang, ini novel teenlit terfavoritku. Thumbs up buat ken terate (yang ternyata tinggal di jogja juga, hehe). Berharap ada lanjutan novel Jo ke-tiga, tapi sepertinya tidak ada tanda-tanda bakal muncul buku ketiganya. :3

Jo Wilisgiri, 12 tahun, merasa kacau karena akan masuk SMP. Kata SMP sepertinya begitu mengerikan baginya. Ternyata benar! Jo benar-benar sial begitu masuk SMP. Pertama, Jo harus satu sekolah dengan Ayahnya yang seorang Guru Bahasa Jawa. Kedua, Sally sahabatnya berubah 180 derajat dan gabung dengan genk Nadine yang elite dan belagu abis. Sialnya, Jo tiba-tiba terpilih menjadi sekertaris klub sastra dan bertugas ini itu. Belum lagi ketua klub sastra yang sangat berkharisma mencoba pdkt ke Jo, Jo jadi bingung harus menyikapi gimana. Kalau kamu jadi Jo, pasati bakal pusing kan??

Gara-gara baca ulang teris menerus, tiap membaca lembar demi lembar, aku jadi teringat masa SMP-ku yang…menyenangkan!πŸ˜€ Aku nggak kenal (dan nggak dikenal) banyak orang. Tapi, orang yang aku kenal (yang sedikit itu) sekarang menjadi teman yang sangat berarti. Entah kok bisa, aku sayang banget sama mereka. haha :’) Zaman SMP itu, zaman-xaman aku kenal pertemanan, persahabatan. Seru dan mengharukan pokoknya.

Zaman ikut ekskul Jurnalistik bikin kangeeeen banget. Walaupun, ekskul ini nggak se-keren dan canggih klub sastra yang Jo ikutin. Ya, nggak ada yang namanya harus baca buku dan bikin reviewnya atau buat acara lomba-lomba di pekan bahasa. Tapi, ekskl-ku lumayan sering bikin kunjungan ke koran lokal atau rumah produksi gitu. Pokoknya yang berbau jurnalis, komunikasi, brodcast dan lainnya.πŸ˜› Dan gara-gara baca jurnal jo, aku jadi teringat-ingat waktu itu. nostalgia lagi deh.

kok aku sering banget nostalgia ya? berasa udah sepuh padahal umurku masih 18 tahun….>.< Β 

Kalau dipikir-pikir, ternyata aku dan Jo itu banyak kesamaan. Kecuali, aku nggak punya temen cowok sebaik, seperhatian, sekeren RAJIV. >.< aku nggak punya temen dari india. haha

Di buku yang kedua Jurnal Jo: online, kehidupan SMP Jo tetap sama mengenaskannya. Jo tetep aja ketiban sial. Mulai dari nilai rapornya (yang Jo pikir udah baguuus bgt) yang dicuekin habis-habisan sama orang tuanya, jo minder banget karena nggak punya handphne saat dikelasnya sedang rame perang gadget, Jo di tuduh pencuri cowoklah sama geng Nadine yang masih tetap belagu, bahkan Jo menjadi satu tim dengan Nadine di acara sekolahnya. Dengan kesialan itu, Jo cuma bisa curhat lewat status fb-nya. Ngenes sih? hahaπŸ˜„

Ken terate benar-benar membuat tokoh Jo sangat hidup. Pasti seru punya temen seperti Jo di sekolah (lebih seru lagi kalau rajiv juga ada.. >.<) ugh.. I’m so envy, Rajiv is real a nice guy, I couldn’t find a nice guy as him at school. Aku berharap, terjadi sesuatu diantara mereka, tapi ternyata enggak. Apa cobak?!

anyway, Novel Jurnal Jo dan Jurnal Jo: online sangat pas buat kalian yang memang punya waktu luang dan ingin bersantai tapi nggak tau harus ngapain *hm, itu saya sekali*. Bahasanya ringan, mudah dipahami, dan ceritanya sangat menghibur. Thumbs up sekali lagi untuk Ken terate.πŸ˜€πŸ˜€

Nah, gimana zaman SMP kalian? Apakah mnenyenangkan atau sebaliknya? hehheπŸ˜‰

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s