Movie: Changeling (2008)

folder

 Drama | History | Mystery

Director: Clint Eastwood
Writer: J. Michael Straczynski
Stars: Angelina Jolie, Colm Feore, Amy Ryan

Christine Collins (Angelina Jolie) adalah seorang wanita karir sekaligus single parent. Ia tinggal bersama anak laki-lakinya, Walter Collins, 9 tahun (Gattlin Griffith), yang juga anak semata wayangnya. Pada tanggal 10 Maret 1928, Walter menghilang dari rumahnya. Christine yang panik, meminta bantuan kepada LAPD yang diketuai oleh Kapten J.Jones (Jeffrey Donovan) untuk mencari Walter. Setelah 10 bulan sejak hilangnya Walter, LAPD akhirnya berhasil menemukan Walter. Namun betapa syoknya christine saat mengetahui bahwa LAPD membawa anak yang salah.

Seberapa keras Christine bersaksi bahwa anak temuan LAPD bukannya Walternya, kaptain Jones sama sekali tidak mengubrisnya. Akhirnya, dengan bantuan Pastur Brigleb, seorang pastur yang menggunakan siaran radionya sebagai ajang mengkritik pemerintah terutama departemen kepolisian (dan LAPD) terkait konspirasi yang mereka lakukan untuk menjaga dan mengangkat nama baik mereka, kasus walter dibawa ke pengadilan.

**
Part yang paling aku suka dari film ini adalah saat proses pengadilan berlangsung. Terutama saat sang pengacara dari pihak Christine, Mr Hahn memaparkan argumen-argumen serta fakta-fakta yang mengungkapkan kesalahan LAPD. Dan kaptai Jones, dengan stay coolnya terus menyangkal tuduhan-tuduhan tersebut.

Part ini juga mengingatkan aku tentang novel “Libri di Luca”, dimana pemeran utama novel tersebut adalah seorang Lawyer handal. Dan novel ” 24 wajah Billy” pada saat tersangka pemerkosa atas nama Billy Michigan diadili. entah kenapa proses pengadilan yang aku baca, aku lihat di film (hehe) terlihat begitu keren ?? Apa proses pengadilan yang sebenarnya juga sekeren ini? Hahaha..

Akting Angelina Jolie tidak usah diragukan lagi. Justru, aku lebih liat akting pemain yang lain yang ternyata tidak kalah hebatnya dalam mendalami peran mereka. Contohnya Kaptain Jones yang angkuh, benar-benar membuat aku berpikir “Orang ini bisa masuk kepolisian dan jadi pimpinannya??!! what the hell!!” tapi setelah dipikir lagi, mungkin banyak juga orang yang seperti Kaptain Jones, yang lebih mementingkan nama baik LAPD.

**

Film ini diangkat dari kisah nyata Christine collins tentang kasus hilangnya Walter Collins. Sampai Christine Collins meninggal, Walter tidak pernah ditemukan. Banyak yang berasumsi bahwa Walter telah lama meninggal (saat berusia 9 tahun). Namun, Christine tidak bernah kehilangan harapan untuk dapat bertemu lagi dengan anaknya. :’)

Beberapa bulan yang lalu, waktu pelajaran komputer, aku iseng-iseng buka website American most wanted (AMW) dan melihat data-data anak yang hilang di seluruh Amerika. Betapa banyaknya anak yang hilang disana. Belum di negara lain, atau di Indonesia sendiri. Kebanyakan dari mereka ada yang berlabel “FOUND” yang berarti mereka sudah ditemukan dalam keadaan selamat. Ada juga yang berlabel “DECEASE” yang berarti mereka ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa. Dan banyak yang sama sekali tidak berlabel, yang artinya sama sekali belum diketahu keberadaannya. Mirisnya, banyak dari mereka yang hilang saat masih sangat kecil, masih bayi atau balita dan sampai 10-15 tahun kemudian belum ditemukan.

untitled missing child

aku tidak bisa sama sekali membayangkan apa yang sebenarnya terjadi pada mereka diluar sana. pasti rasanya mengerikan, mengerikan..entah harus dengan kata apa untuk bisa mendeskripsikannya. Semoga mereka cepat ditemukan. Semoga tidak ada lagi kasus anak hilang.😥😥

**

Balik lagi tentang film diatas, it’s worth to watch. So far, I’ve watched for 5 times haha, I think. the actors, the story, and the ending are just perfect.🙂🙂

One thought on “Movie: Changeling (2008)

  1. ariohendra

    di amrik sana banyak juga ya penculikan anak. parahnya banyak yang meninggal di tangan penculiknya *miris. Film nya bagus banget, sejak awal udh ga bisa berhenti mantengin TV

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s