Bunga Matahari

Kingdom: Plantae

Super Divisi: Spermatophyta

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Sub Kelas: Asteridae

Ordo: Asterales

Famili: Asteraceae

Genus: Helianthus

Spesies: Helianthus annuus L.

Bunga Matahari adalah tumbuhan semusim yang sering digunakan sebagai tanaman hias dan tanaman penghasil minyak. tumbuhan ini memiliki banyak ciri khas, yaitu besar, biasanya berwarna kuning cerah, diameter bunga bisa mencapai 30cm, dan memiliki perilaku selalu menghadap kea rah matahari (heliotropisme).

Sejarah Bunga Matahari

Tumbuhan ini telah dibudidayakan orang-orang Indian Amerika Utara sejak ribuan tahun yang lalu. Kemudian menyebar ke amerika Selatan dan menjadi salah satu sumber pangan warga Inka. Pada abad ke-16, bunga matahari diperkenalkan di Eropa dan berbagai penjuru dunia. Semenjak abad ke-17 bijinya digunakan dalam campurang roti atau diolah sebagai pengganti kopi dan coklat. Penggunaannya sebagai sumber minya mulai dirintis pada abad ke-19. (sumber)

Manfaat Bunga Matahari

Bunga matahari tidak hanya indah cantik untuk dipandang, ternyata seluruh bagian bunga ini memiliki banyak khasiat yang sangat berguna.

  1. Bunga. : Berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi, dapat mengurangi rasa sakit. Ramuan bunga matahari sering digunakan untuk menghilangkan sakit kepala, sakit gigi, nyeri lambung, nyeri haid. Dan digunakan sebagai obat luar untuk radang payudara dan rematik.
  2. Batang: Sumsum batang dan bagian dasar bunga dapat mengobati kanker esophagus dan lambung. Melancarkan saluran kemih agar tidak nyeri.
  3. Biji (kuwaci) : Biji bunga matahari mengandung minyak dan zat-zat kimia yang bagus untuk kesehatan. Dapat digunakan untuk meluruhkan kencing, mengobati demam, flu, batuk, disentri, dan juga dapat meningkatkan napsu makan.
  4. Daun : dapat dimanfaatkan sebagai makanan ternak. Dapat juga menjadi obat malaria, anti radang, dan penghilang rasa nyeri.
  5. Akar: dimanfaatkan sebagai peluruh kencing, penghilang rasa nyeri, mengobati batuk, batu ginjal radang saluran pernafasan, dan juga keputihan (sumber)

 

 

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s